Saturday, August 2, 2008

Netbook Diprediksi Bakal Kian Populer


Jakarta - Analis pasar kian optimistis dengan masa depan bisnis netbook. Bahkan pesonanya tak lama lagi digadang-gadang bakal menggantikan notebook sebagai perangkat kerja mobile.

Sementara posisi notebook bakal tergeser dengan lebih banyak digunakan di dalam rumah, dengan menggeser komputer dekstop.

Geliat netbook sendiri baru terasa di 2008. Hingga akhir tahun, lebih dari 8 juta unit komputer jinjing mini ini diprediksi bakal laku terjual.

Dan jumlah itu pun ditaksir bakal terus berkembang di tahun berikutnya. Market Intelligence Centre yang berbasis di Taiwan memprediksi pengapalan netbook bakal menyentuh angka 18,3 juta unit di 2009, dengan tingkat pertumbuhan hingga 128 persen.

Chris Wei, senior analis dari Market Intelligence Centre mengatakan, Asus dengan Eee PC-nya mendominasi pasar netbook kuartal awal 2008 ini. Meski demikian, lanjutnya, vendor lain juga tengah bersiap masuk ke lahan bisnis netbook.

Mereka yang santer dikabarkan bakal menseriusi bisnis ini adalah HP, Dell dan Acer. Bahkan, dikutip detikINET dari Vnunet, Jumat (1/8/2008) melansir, Apple juga ikut dirumorkan tengah merencanakan produk khusus untuk kategori ini.

No comments: