Saturday, August 2, 2008

MP3 Queen 'Dendangkan' Lagu Jahat

Jakarta - Sebuah program jahat tipe trojan menyusup lewat file multimedia yang tersebar di situs software bajakan. Salah satunya pada lagu dari grup legendaris Queen. 

Demikian peringatan yang disampaikan perusahaan keamanan komputer Secure Computing seperti dikutip detikINET dari ITNews.com.au, Selasa (15/7/2008). Disebutkan bahwa program jahat itu berjenis trojan dan pengguna akan sulit mengetahui bahwa komputernya telah terinfeksi. 

Trojan itu menyamar sebagai beberapa file multimedia di situs produk bajakan (warez), termasuk lagu-lagu dari album Greatest Hits milik grup legendaris Queen. File yang terinfeksi adalah dari jenis audio berformat MP3 dan WMA, serta video berformat WMV.

Saat diputar lagu itu akan meminta pengguna men-download codec untuk memainkannya. Alih-allih codec, pengguna justru ditipu untuk men-download program jahat ke dalam komputernya. 

Komputer yang menjadi korban juga akan menyebarkan trojan itu melalui jaringan berbagi file tanpa disengaja. "Ini masalah MP3, bukan Windows. Anda harus selalu meng-update antivirus," tutur Eric Krieger dari Secure Computing.

No comments: