Thursday, August 21, 2008

Apple Akhirnya Meluncurkan iPhone

SAN FRANCISCO-Steve Job, CEO Apple Computer, Selasa (9/1), meluncurkan masuknya Apple ke telepon seluler. Dia sekaligus menamai perusahaan menjadi lebih sederhana, Apple Inc saja. Ini artinya perusahaan ini bisa lebih fokus pada peranti elektronik bagi konsumen.
Harga iPhone ini paling murah US$ 499, atau sekitar Rp 4,5 juta, dan baru dipasarkan pada Juni mendatang. Cara memakainya dengan sentuhan pada layar dan tentu saja bisa untuk memutar musik, serta tambahannya berinternet. Sistem operasinya menggunakan OS yang khas Macintosh.
Job mempromosikan telepon seluler Apple ini bakal melakukan lompatan teknologi yang jauh meninggalkan telepon pintar saat ini.
Job juga menjelaskan perubahan nama perusahaan ini merupakan refleksi transformasi Apple dari pembuat komputer menjadi perusahan peranti elektronik seperti Philips, Samsung, dan lainnya.
Selama peluncuran yang dilakukan di Macworld Conference and Expo, dijelaskan juga produk perangkat imbuhan televisi yang memungkinkan video dikirim ke komputer. Job juga menyatakan penjualan lagu melalui iTune Music Store, pasar lagu khusus iPod, melewati angka 2 miliar.
Saham Apple langsung naik 8 persen setelah pengumuman ini. Sedang stok telepon seluler berspesifikasi sama pun turun. Kenaikan ini memperkaya pemegang saham sebesar US$ 6 miliar.
Namun analis pasar telepon seluler Avi Greengart yang dihubungi Rachel Konrad, penulis bidang teknologi Associated Press, tidak yakin Apple bakal menguasai pasar. Pasalnya, menurut Greengart, mayoritas telepon yang terjual harganya jauh di bawah Rp 4,5 juta yang ditawarkan Apple. Jadi saingan Apple adalah telepon kelas atas, seperti buatan Palm Inc.
Walau demikian Job menyatakan Apple berencana menjual 10 juta telepon hingga 2008. Ini sekitar 1 persen pasar telepon dunia, dan 957 juta telepon laku pada tahun 2006.
Telepon yang termurah itu memiliki memori empat gigabyte. Yang delapan giga akan berharga US$ 599 atau Rp 5,45 juta. Telepon ini diimbuhi kamera digital 2 megapixel. Terdapat saluran untuk headphone tentunya dan untuk kartu SIM. Berkemampuan untuk menyinkronkan semua data digital, baik musik, film, atau foto, melalui komputer, baik yang dijalankan oleh OS-nya Mac atau Windows-nya Microsoft.. “Sama seperti iPod, tinggal colok dan sinkronisasi,” jelas Job.
Jika hendak telepon pengguna tinggal menyentuh angka-angka di layar atau menggulung gambar (scroll) nama-nama kontak dan memanggil dengan sekali sentuh saja. “Ini seperti sihir,” ungkap Job. ”Karena layar akan mengabaikan sentuhan yang tidak bertujuan. Super pintar.”
Yang baru adalah visual voicemail, di mana pengguna bisa melompat ke pesan yang penting saja, tanpa harus mendengar satu per satu. Telepon juga menyokong Wi Fi dan Bluetooth, serta bisa diketahui lokasinya melalui sistem GPS. Email bisa dilihat lewat iPhone lewat kerja sama dengan Yahoo Inc dan peta juga bisa lewat kerja sama dengan Google Inc.
Steve Job mendemonstrasikan kecanggihan iPhone dengan membuka peta Google pada ponsel, kemudian mencari data warung kopi yang ada di Moscone Center, San Francisco tempat acara diselenggarakan. 
Setelah data keluar ia pun menghubungi warung itu dan secara main-main memesan 4.000 cangkir kopi susu untuk dibawa, dan kemudian buru-buru menutup teleponnya. Job juga memperagakan kemampuan pemutar lagu dengan memainkan lagu “Lovely Rita, Meter Maid” karya band legendaris Beatles dalam album “Sergeant Peppers Lonely Heart Club Band”. 
Para penonton bersorak, penuh antusias terhadap isu bahwa iTunes akan mendapat hak penjualan lagu Beatles secara digital. Sampai hari ini mengunduh lagu Beatles tidak bisa secara legal. (ap/ads)

No comments: