Wednesday, October 1, 2008

Intel Rilis Laptop WiMax Oktober Mendatang


Pernah melihat laptop dengan fasilitas Wi-Fi? Sekarang ini, bukan hanya Wi-Fi yang ada di laptop, namun akan ada tambahan fasilitas WiMax didalamnya. Tentunya laptop dengan fasilitas WiMax dan Wi-Fi tersebut bukanlah laptop biasa, karena sengaja dibuat oleh Intel yang menurut rencana akan dipublikasikan secara resmi pada kuarter keempat tahun ini.

Jika kita mengenal Wi-Fi sebagai alat koneksi tanpa kabel atau biasanya melalui hotspot yang digunakan untuk mengakses Internet dan multimedia dari berbagai tempat. Sedangkan WiMax (Wimax (Worlwide Interoperability for Microwave Access) merupakan alat koneksi ke Internet dan telepon yang lebih luas, sekaligus menjadi teknologi birkabel berbasis protocol generasi keempat (4G) yang memiliki range transfer data hingga 80Mbps. Kecepatan WiMax jauh lebih cepat dibandingkan layanan Internet melalui ponsel (3G) yang berkecepatan sekitar 2,4Mbps.

Country Manager Intel Indonesia Corp., Budi Waluyo mengungkapkan bahwa pihaknya memang telah menyediakan akses Wi-Fi di laptop, juga tambahan WiMax, namun untuk WiMax masih harus menggunakan card tambahan. Budi menambahkan, pada laptop Intel Centrino 2 telah diaplikasikan kedua fasilitas ini dalam seri seri Intel WiMax / Wi-Fi Link 5050.

Namun untuk standard WiMax sendiri, menurut Budi, telah menggunakan standard internasional yakni seri 16e atau Wimax IEEE 802.16e. Budi menambahkan, WiMax 16e dapat digunakan untuk perangkat WiMax yang portable (bergerak), fix (tetap), atau nomaden (berpindah-pindah). Menurut Budi, kemungkinan pemerintah akan mempunyai pertimbangan sendiri dan mungkin akan lebih memilih menggunakan seri 16d, yang hanya bekerja untuk akses WiMax yang nomaden dan fix.

Budi hanya berharap akan ada aturan yang mengatur perangkat WiMax dan mengenai spectrum frekuensi yang akan digunakan. Selain itu, Budi juga berharap bahwa pemerintah akan setuju untuk menggunakan WiMax di frekuensi yang masih kosong, seperti frekuensi 2,3Ghz, contohnya.

No comments: